Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Amalan Terbaik Saat Ramadan

15 April 2021   358
Image

Berpuasa merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Puasa menurut syariat memiliki arti yaitu menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Begitu banyak keutamaan berpuasa di bulan Ramadan, bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan. Keistimewaan yang terdapat di bulan ini membuat umat muslim selalu bersuka cita menyambut kedatangan bulan suci Ramadan setiap tahunnya.

Dalam hadits Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam disebutkan: “Allah subhanahu wata’ala berfirman, ‘Setiap amal kebaikan memiliki balasan pahala sepuluh kali lipatnya sampai tujuh ratus kali lipat kecuali ibadah puasa , karena sesungguhnya puasa itu adalah untukku dan aku yang akan membalaskan pahalanya’." (HR. Bukhari).

Dalam hadits lain, Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam “Barang siapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah subhanahu wata’ala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berpuasa bukanlah hanya sekedar menahan diri dari makan dan minum, akan tetapi dalam menjalani ibadah puasa, umat muslim juga diuji untuk menahan diri dari godaan hawa nafsu duniawi. berikut ulasan mengenai pahala melaksanakan ibadah puasa serta amalan terbaik di bulan Ramadan yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (13/04/2021).

Janji Allah Akan Pahala yang Berlipat Ganda

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman: “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

Selain pahala berlipat ganda yang telah dijanjikan oleh Allah subhanahu wata’ala, terdapat berbagai macam amalan tambahan yang dapat dilakukan selama bulan suci Ramadan

Memperbanyak Zikir

Salah satu amalan yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan ialah dengan memperbanyak zikir. Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda: "Maukah aku ceritakan kepada kalian tentang amal perbuatan yang terbaik bagi kalian dan tersuci di sisi Tuhan kalian serta menghantarkan kalian kepada kedudukan yang tertinggi, dan lebih baik bagi kalian daripada menyedekahkan emas dan perak, serta lebih baik bagi kalian daripada kalian berperang melawan musuh kalian, lalu kalian tebas batang leher mereka dan mereka menebas batang leher kalian?” Mereka bertanya, Wahai Rasulullah, amalan apakah itu?" Rasulullah menjawab, "Zikrullah (banyak menyebut nama Allah).”

Memperbanyak Doa di Bulan Ramadan

Sebagaimana dalam hadis Rasulullah menyampaikan bahwa ada 3 doa yang diijabah oleh Allah, “Ada 3 (tiga) orang yang doanya tidak akan ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan doa orang yang teraniaya (terdzalimi), Allah akan angkat di atas awan pada hari kiamat”. HR Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah.

Pada redaksi hadits yang lainnya disebutkan doa orang yang berpuasa saat ia berbuka. Selain itu, ada beberapa waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan. Di antaranya ketika waktu sahur atau sepertiga malam yang akhir, ketika selama berpuasa, dan saat hendak berbuka puasa.

Tadarus Al-Qur’an

Tadarus merupakan salah satu amalan baik ada di bulan Ramadan. Anjuran untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an juga telah tertera sebagaimana firman Allah sebagai berikut:

"Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus Alquran. Tadarus Alquran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadan." (QS. Al Baqarah ayat 185).

Bersedekah di Bulan Ramadan

Bersedekah merupakan salah satu amalan utama yang dapat dilakukan ketika datangnya bulan suci Ramadan. Tak hanya puasa dan salat, bersedekah di bulan Ramadan juga akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah. Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).