Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Tips Agar Resolusi 2022 Bisa Terwujud

10 January 2022   49
Image

Sejumlah orang memulai tahun baru 2022 dengan sederet resolusi. Resolusi tersebut mulai dari hidup lebih sehat, keuangan yang lebih baik, serta menata kehidupan sosial yang lebih baik.

Namun, tanpa mindset yang tepat tak jarang resolusi hanya menjadi sebuah janji pada diri sendiri yang tak kunjung ditepati. Untuk itu, resolusi harus dirancang lengkap dengan persiapan mental dan mindset dalam mewujudkannya.

Sejumlah hal bisa menjadi catatan pribadi, sebagai bekal dalam upaya mewujudkan resolusi di awal tahun, berikut tips untuk mewujudkan resolusi yang dilansir dari Inc. :

1. Buat Resolusi yang Terukur
Terkadang, seseorang membuat resolusi yang kurang jelas, kurang konkret, dan sulit diukur. Contohnya, seseorang memiliki resolusi untuk "lebih kaya", "lebih kurus", atau "bekerja lebih baik di kantor".

Namun, untuk sebagian orang resolusi-resolusi seperti itu dianggap tidak konkret, sehingga target mewujudkannya tidak tergambar jelas.

Ubahlah hal-hal seperti itu menjadi kalimat yang lebih terukur dan konkret, seperti "saya ingin menabung Rp2 juta per bulan", "saya akan menurunkan 10 kilogram berat badan", "saya menargetkan 10 proyek istimewa di kantor selama setahun", atau "saya akan mendapatkan pekerjaan baru paling lambat bulan Maret".

Hal-hal yang lebih konkret akan membuat resolusi tahun baru seseorang tergambar jelas. Ukuran pencapaian membuat seseorang bisa menilai berhasil atau tidaknya sebuah tujuan, sulit atau tidaknya, dan mungkin atau tidaknya diwujudkan.

2. Rancang Tindakan yang Jelas
Hal yang paling konkret dalam hal ini adalah dalam resolusi yang berkaitan dengan diet. Untuk mencapai target diet tahunan, seseorang juga harus merancang 'to-do list' untuk mewujudkannya.

Misalnya, dalam target menurunkan berat badan hingga 10 kilogram, buatlah rancangan berapa kali dalam sepekan Anda pergi ke gym, atau bagaimana Anda berkomitmen untuk memilih salad sebagai makan siang setiap harinya.

Hal ini membuat resolusi Anda menjadi jelas, dari mulai ide besar hingga praktik di keseharian.

3. Ketahui Rintangan
Rintangan dan godaan akan selalu ada. Dalam segi mengatur keuangan, mungkin yang akan jadi rintangan adalah pengeluaran-pengeluaran tak terduga. Atau, rintangan bisa jadi berupa godaan sale dari produk yang seseorang suka.

Hal-hal tersebut harus diprediksi sejak awal. Dengan mengetahui rintangan, seseorang dapat mengatur rencana dan kebiasaan agar terhindar sebelum tergoda.

4. Mulai Saat Siap
Tidak harus semua resolusi mulai dikerjakan sejak tanggal 1 Januari. Mulailah sesuatu saat Anda siap melakukannya. Kesiapan saat berkomitmen pada suatu hal penting untuk jadi energi tambahan.

Menyesuaikan kondisi, sesuatu bisa saja dimulai pada bulan Maret, pertengahan tahun, atau mungkin setelah lewat dari setengah tahun. Yang dibutuhkan adalah rencana dan gambaran yang jelas.

Mental yang lebih siap akan membuat diri seseorang lebih kuat berkomitmen pada suatu hal, dibandingkan harus memulai sesuatu dengan tekanan.

5. Belajar dari Kesalahan
Kesalahan adalah bagian dari proses seseorang mencapai atau mewujudkan sesuatu. Tapi, kesalahan yang berulang juga tidak baik dan harus dihindari.

Namun, tentu kesalahan bisa menjadi energi positif bagi seseorang dalam upaya menjadi lebih baik dalam suatu tujuan. Kesalahan merupakan guru yang baik.

Itu lah sejumlah tips resolusi 2022 yang bisa dipelajari. Untuk mewujudkan sebuah tujuan baru, tentu dibutuhkan kesiapan dan rencana matang terukur.

Sumber: CNN Indonesia

Keywords : Resolusi 2022