Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : [email protected]

Rumah Tahfidz Sabilunnajah, Ikhtiar Menemani Usia Senja

23 February 2021   6
Image

Rumah Tahfidz Sabilunnajah berdiri sejak 2005. Rumah Tahfidz yang terletak di Dusun Temuwuh Kidul, Desa Balecatur, Gamping, Sleman, ini mengkhususkan pembelajaran untuk para orang tua dan lansia.

Pada awalnya, Rumah Tahfidz Sabilunnajah menerima dan mendidik seluruh usia termasuk anak-anak dan remaja. Namun, seiring berjalannya waktu santrinya kian berkurang hingga tersisa para lansia.

Hal ini seperti dituturkan oleh pengasuh Rumah Tahfidz Sabilunnajah, Ustadz Joko Wahono. "Sebenarnya sejak awal itu sudah berdiri di tahun 2005, namun pembelajaran baru mulai tahun 2007. Dari anak-anak, remaja, dan orang tua juga lansia ngaji di sini. Tapi lambat laun yang anak-anak dan remaja itu semakin hari semakin berkurang, apalagi yang remaja itu kan pada pergi ke kota untuk bekerja atau sekolah jadi kok malah yang sepuh-sepuh yang tetap istiqomah itu, akhirnya kita dampingi mbah-mbah, orangtua-orangtua kita itu," jelas Ustadz Joko.

Keputusan Ustadz Joko waktu itu juga melihat latar belakang para jamaahnya. Mengingat penduduk sekitar Rumah Tahfidz kebanyakan dihuni oleh masyarakat dhuafa, selain secara ilmu keagamaan juga masih kurang. Hal itu membuat Ustadz Wahono dan keluarga tergugah untuk mendampingi masyarakat Temuwuh Kidul.

Akhirnya kajian Al-Qur'an dimulai dari tingkat dasar, selain itu ada juga majelis pengajian malam Rabu yang selalu ramai oleh Bapak-bapak dan Ibu-ibu warga Dusun Temuwuh Kidul. Karena geliat belajar keagamaan yang semakin tinggi mulai tumbuh, akhirnya Ustadz Joko bergabung dengan Rumah Tahfidz Center (RTC) Daarul Qur'an, hingga pada Ahad (21/2) Rumah Tahfidz Sabilunnajah diresmikan oleh Ustadz Ulil Abshar, selaku Koordinator RTC Regional Yogyakarta dan Kepala Desa Balecatur.

Ustadz Joko berharap dengan bersinergi dengan Daarul Qur'an dapat meluaskan kebermanfaatan Rumah Tahfidz. Kedepannya Ustadz Joko berencana melakukan program pemberdayaan untuk masyarakat sekitar,

"Di sini memang sebagian dihuni warga dhuafa, kalau toh bertani juga hanya mengandalkan sawah tadah hujan. Kedepan kita akan cari potensi lain untuk warga sekitar sini, kita kelompokkan lansia yang masih bisa diberdayakan dan yang tidak," lanjut Ustadz Joko.

Sebagai aktivis pengajar di sekolah dan perguruan tinggi, Ustadz Joko merasa prihatin dengan warga Dusun Temuwuh Kidul yang secara keagamaan masih kurang untuk para lansia. Hal itu dipahami Ustadz Joko dan Ustadzah Wuri, istrinya, bisa jadi karena akses keilmuan di zaman simbah-simbah kita kala itu belum seperti sekarang, bahkan untuk makan masyarakat kala itu begitu kesulitan, apalagi untuk pembelajaran, hanya segelintir orang dapat mengaksesnya.

"Kalau sudah sepuh gini kan, seperti Ibu saya ini juga lebih fokus untuk 'golek sangu' ibaratnya, untuk mencari bekal di akhirat nanti, jadi dengan ngaji ini salah satunya, setidaknya untuk syariat yang wajib-wajib itu bisa diamalkan dulu. Kita temani mereka untuk ikhtiar menuju husnul khotimah kelak insya Allah," ungkap Ustadzah Wuri. []




Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda