× Logo-PPPA
Masuk
Daftar
× Logo-PPPA

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Bayar Fidyah

Bayar Fidyah

#SahabatDAQU dan Bapak/Ibu yang dirahmati Allah, sebentar lagi umat Islam akan menyambut bulan suci Ramadan 2022. Namun sebelum memasuki bulan mulia tersebut, bagi yang masih memiliki hutang puasa namun tidak mampu menjalankan ibadah puasa karena uzur syar'i, maka sebagai gantinya diwajibkan dengan membayar fidyah. “Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin.” (QS. Al Baqarah ayat 184)

Adapun ketentuan bagi orang yang diwajibkan membayar fidyah, antara lain :

  1. Orang tua renta atau berusia lanjut yang tidak mampu berpuasa.
  2. Orang sakit yang tidak bisa diharapkan kesembuhannya.
  3. Wanita hamil atau menyusui yang berat menunaikan puasa ganti (qadha) karena banyaknya hutang puasa dan khawatir akan kondisi bayinya.

Fidyah wajib dilakukan untuk mengganti hutang ibadah puasa #SahabatDAQU dan Bapak/Ibu dengan membayar sesuai jumlah hari puasa yang ditinggalkan. Dari Fidyah yang #SahabatDAQU dan Bapak/Ibu tunaikan akan disalurkan untuk anak yatim yang tergolong fakir atau miskin serta kaum dhuafa.

Menurut ulama Malikiyah dan Syafi’iyah berpendapat bahwa kadar fidyah adalah 1 mud gandum bagi setiap hari tidak berpuasa. (kira-kira 6 ons = 675 gram = 0,75 kg atau seukuran telapak tangan yang ditengadahkan saat berdoa).

Sedangkan menurut ulama Hanafiyah bahwa kadar fidyah adalah 1 sha’ kurma, atau 1 sha’ gandum, atau ½ sha’ biji gandum, dan  masing-masing dikeluarkan untuk satu hari puasa yang ditinggalkan. (Jika 1 sha' sama dengan 4 mud = sekitar 3 kg, maka ½ sha' berarti sekitar 1,5 kg).

Dan menurut Ulama Hambali menyatakan bahwa fidyah yang wajib adalah 1 mud burr, atau ½ sha’ kurma atau gandum.

Bagi ibu hamil pun bisa membayar fidyah berupa makanan pokok. Sebagai contoh, jika ia tidak puasa 30 hari, maka harus menyediakan fidyah 30 takar dengam masing-masing 1,5 kg. Fidyah boleh dibayarkan kepada 30 orang fakir miskin atau beberapa orang saja (misal 3 orang, berarti masing-masing mendapatkan 10 takar).

Cara Membayar Fidyah

Besarnya fidyah yang harus dikeluarkan sesuai dengan jumlah hari yang ditinggalkan, yaitu satu fidyah untuk satu hari dan satu orang fakir atau miskin, serta pemberiannya dapat dilakukan sekaligus. Berdasarkan SK Ketua BAZNAS No. 10 Tahun 2022 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah untuk wilayah Ibukota DKI Jakarta Raya dan Sekitarnya, ditetapkan bahwa nilai fidyah dalam bentuk uang sebesar Rp50.000,-/hari/jiwa.

Untuk mempermudah mengganti hutang puasa #SahabatDAQU dan Bapak/Ibu, bersama Laznas PPPA Daarul Qur’an berikan kemudahan dalam menunaikan fidyah, nantinya fidyah yang #SahabatDAQU dan Bapak/Ibu tunaikan ini akan disalurkan kepada yatim dhuafa yang membutuhkan!

Terkumpul : Rp. 605.000
Dari : Rp. 500.000.000




Program dan Campaign Terkini