Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Akibat Menunda Zakat

13 June 2013   12305
Image

Siang itu, Boy seorang professional muda yang bekerja disebuah perusahaan media cetak otomotif datang ke kantor Lembaga Zakat. Dengan semangat 45 ia datang untuk menunaikan zakat. Hari itu Boy datang tidak seperti biasanya, dia datang diawal bulan, biasanya Boy rutin akhir bulan sudah menunaikan zakat. Setalah zakat tertunaikan Boy cerita dengan serunya, Boy baru saja kehilangan uang 10 juta rupiah gara-gara menunda zakat. Begini ceritanya.

Suatu Pagi itu Boy minta tolong sama OB di kantor untuk membelikan Koran yang banyak iklan jual beli mobil dan motor. Hari itu terbersit dalam hatinya pengen sekali beli motor sport bekas. Selain mendapatkan penghasilan dari gaji bulanan, ia juga punya bisnis bersama teman-temannya menjual onderdil dan sepeda pixi yang lagi ngetrend saat itu. Ternyata ia mendapatkan keuntungan yang luar biasa karena saat itu sepeda pxi sedang digandrungi anak-anak muda.

Pagi itu Boy lagi berkantong tebal, gaji sudah ditangan dan keuntungan bisnis sudah memenuhi rekening tabungannya. Masih muda, pegang duit banyak, belum punya istri juga, waaaah maka pikirannya melayang untuk beli kendaraan. Masih alhamdulllah sih nggak kepikiran tentang kemaksiatan he.. he.. Bolak balik Boy ngari-nyari motor yang bagus dideretan iklan baris di koran itu. Walau ia sudah punya mobil dan motor tapi Boy kepengen lagi untuk 1 motor lagi.

Mata Boy tertuju kepada iklan-iklan motor, setelah disisir iklan tersebut dari halaman ke halaman, ternyata tidak menemukan motor yang diidam-idamkan. Koran ditutup dan ditaruh diatas meja, nggak lama kemudian pikirannya berkata “Kalo nggak ada motor kenapa nggak cari mobil aja mumpung sudah ada korannya, toh isinya komplit, ada iklan motor ada iklan mobil. Diambilnya lagi koran yang sudah ditutup itu dan kembali dibuka-buka. Pandangannnya tertuju kepada sebuah iklan mobil yang sangat menggiurkan.

Ada mobil mewah dijual murah, maka spontan Boy mengambil hand phone nya untuk mengontak nomor telpon yang ada diiklan tersebut.

(+) Halo, bener pak ini dengan yang jual mobil mewah harga murah..?

(-) Betul pak, bisa dibantu..?

(+) Itu mobil sudah ada yang mau apa belum..?

(-) Kebetulan belum pak..

(+) Harganya bener tuh segitu..?

(-) Betul pak, Bapak berminat..? Kalo berminat harus cepet pak, soalnya sudah banyak yang nanyain.

(+) Oooo gitu ya, kalo gitu dimana alamatnya..? saya segera kesana, kalo bisa jangan dikasih siapa-siapa ya.

(-) Baik pak, kita ketemu dibelakang rumah sakit Bekasi ya, tapi harus sekarang pak, kalo nggak keburu dibeli sama orang lain.

(+) Oke-oke saya kesana sekarang, tolong jangan dilepas ke orang lain ya.

Boy langsung tancap gas, mengunakan mobil miliknya. Izin dari kantor mau beli mobil mewah harga murah yang berlokasi di Bekasi. Ia kebayang dengan mobil mewah harga murah itu, ia bisa jual dan akan mendapat keuntungan lumayan besar. Soalnya ada temannya yang nyari mobil seperti itu. Lagi-lagi otak bisnisnya jalan, Boy mencoba ntuk mendapatkan harga murah dan kemudiaan dijual lagi dengan harga normal dengan harapan akan dapat keuntungan, sehingga uangnya akan bertambah lagi.

Sambil melakukan perjalanan menuju ke Bekasi ia menelpon sahabatnya untuk ditawarin mobil yang akan dibelinya itu. Temannya pun tertarik, bahkan ditawarkan dengan harga tinggi juga mau. Boy sudah kebayang berapa keuntungan yang akan ia peroleh. Dalam keceriaan itu, ia ditelpon sang pemilik mobil mewah yang ada di iklan Koran itu.

(-) Pak jadi ambil mobil saya..?

(+) Jadi, jangan dilepas kesiapa-siapa-siapa ya.

(-) Tapi ini suda ada yang nawar, gimana pak..?

(+) Jangaaaaan, jangan dilepas, buat saya aja..

(-) Kalo gitu kasih DP nya dulu dong pak, biar kita nggak jual ke orang lain.

(+) Oke kalo gitu saya mampir ATM dulu ya, sebentar ya, saya mapir ATM dulu.

(-) Baik pak, transfer sekarang ya pak.

(+) Okay saya transfer sekarang nih sudah deket ATM.

Kemudian sang pemiik mobil it memberikan nomor rekening bank dan Boy pun segera mentransfernya.

(+) Hallo.. Pak saya sudah transfer ya..

(-) Berapa pak..?

(+) Barusan saya transfer 5 jt. Cukupkan..? Pokoknya jangan dilepas sama orang lain ya..

(-) Wah kalo segitu kurang pak, kan mobilnya mewah, masak ditransfer 5 juta doang.

(+) Trus berapa dong..?

(-) Tambah 5 juta lagi lah pak, kalo Bapak tambah 5 juta lagi saya jamin nggak saya kasih ke orang lain.

(+) Okey saya balik ke ATM lagi, saya tambah 5 juta ya. Tapi bener lho ya jangan dilepas ke orang lain.

(-) Baik pak..

Boy kembali lagi ke ATM karena yang ditransfer kurang, Boy menambahkan lagi 5 juta sehingga jumlah yang ditransfer sebagai DP sebesar 10 juta rupiah. Bpy tancap gas lagi menuju tempat yang dijanjikan. Diperjalanan, temen yang berminat beli mobil sudah menelponnya lagi untuk segera bisa diantar mobilnya ke rumah. Waaaaaaaah dah kebayang tuh keuntungannya. Ambil mobil bayar murah, langsung dijual harga tingga.. “Sehari bisa dapet utung banyak nih”, katanya dalam hati. Boy semangat bahkan ngebut agar segera sampai di lokasi.

Mendekati lokasi yang dijanjikan, Boy menelpon pemilik mobil itu dan ternyata hp nya sudah tidak bisa dihubungi. Boy ulang lagi berkali-kali dan ternyata bener-bener tidak bisa dihubungi lagi. Boy masih berbaik sangka, mungkin lagi onlin, maka ditelpon lagi, dan ternyata berkali-kali di telp hp benar-benar tidak bisa dihubungi lagi. Menit ke menit, jam ke jam Boy menunggu ditempat yang dijanjikan ternyata tidak ada. Boy masih tunggu mungkin masih dalam perjalanan, ternyata bener-bener nggak datang dan tidak bisa dihubungi lagi. Masya Allah..

Baru kemudia dia sadar, bahwa ia telah tertipu. Belum pernah ketemu orangnya dan belum lihat mobilnya tapi sudah berani transfer 10 juta rupiah. Masya Allah dalam kekesalnnya ia bilang, ”Kenapa gua baru sadar ya, kenapa gue bego ya, kenapa.. kenapa.. kenapa..?”

Uang 10 juta lewat, karena tertipu.. Ia merenung, kenapa nih pagi-pagi dahkayak orang bego, dari pengen motor jadi pengen mobil, ketemu mobil harga murah dan ditawarin ke temennya langsung mau,, eeee malah ketipu, pengennya untung malah buntung. Masya Allah.

Lalu ia bertestimoni, “kayaknya Allah nguji saya nih, gara-gara saya nunda-nunda zakat, uang lagi banyak, keuntungan bisnis lagi oke, gaji ditangan , kantong tebel, tapi saya bilang Zakatnya ntar aja. Ternyata Allah ambil uang saya dengan cara tertipu”.

Setelah itu dia kapok untuk nunda-nunda zakat, pokonya setelah gajian langsung beresin zakatnya, setelah dapat kentungan langsung keluarin zakatnya. Padaha kalo dihitung bayar zakatnya harusnya nggak sebanyak itu tapi karena menunda zakat maka Allah ambil dengan cara paksa dan jauh lebih besar dari yang seharusnya dikeluarka sebagi zakat.