Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Denyut KASIH untuk Lailatul Qadr

22 June 2017   257
Image

Menjelang sepuluh hari Ramadan, tim Kampung Bersih (KASIH) PPPA Daarul Qur'an Malang memaksimalkan kinerjanya dengan mencari masjid-masjid untuk dibersihkan. Alhamdulillah, Selama dua hari berturut-turut tim KASIH berhasil membersihkan empat masjid disekitar Malang Raya, Jawa Timur.

Selasa (20/6), terdapat tiga masjid yang dibersihkan tim KASIH dengan pembagian waktu pagi, siang dan sore. Masjid Al Ikhlas terletak di dekat pasar Kota Batu. Meski dekat dengan keramaian pasar, namun masjid ini tetap ramai dengan berbagai kegiatan seperti berbagi takjil, salat Tarawih, dan tadarus bersama. Jemaah masjid tak lain adalah warga yang tinggal di sekitar pasar tersebut.

Dilanjutkan siang harinya, giliran Masjid Nurul Qalbu yang dibersihkan tim KASIH. Lokasi masjid berada di daerah Panderman, Batu. Kegiatan di masjid hampir sama dengan Masjid Al Ikhlas dipadati dengan beragam ibadah dan amal Ramadan.

Jumadi selaku takmir masjid mengungkapkan beryukur dengan kehadiran tim KASIH di masjidnya. "Kami sangat berterimakasih atas kehadiran tim KASIH dari Daarul Qur'an Malang. Program ini sangat bermanfaat karena tidak masjid dirawat dengan baik kebersihannya," tuturnya.

Pada sore harinya, tim KASIH  membersihkan Masjid  Dharus Sholihin di Pesanggrahan, Batu. Lokasi yang terletak di jalan raya antara Kota Malang dan Kediri menjadikan masjid ini sebagai tempat singgah orang-orang yang dalam perjalanan untuk berhenti sejenak melakukan ibadah. Warga sekitar saling bahu-membahu melakukan sumbangan untuk takjil gratis. Selain itu, sepuluh terakhir Ramadan Masjid Dharus Sholihin digunakan warga untuk beri'tikaf menyambut malam Lailatul Qadr.

Keesokan harinya, Rabu (21/6), Masjid Ageng Al Falach yang terletak di Jalan Ikan Tombro tengah sawah Kota Malang kedatangan tim KASIH.  Masjid ini merupakan masjid satu-satunya di kampung tersebut, sehingga banyak warga yang melakukan salat wajib atau jum'atan di Masjid Ageng Al Falach. Tak hanya itu, terdapat pengajaran TPQ bagi anak-anak warga sekitar, ada sekitar 80 anak yang mengaji TPQ setiap hari Senin sampai Sabtu. Ada juga pengajian rutin dua kali seminggu tentang tafsir Alqur'an.

Istimewanya, selama Ramadan, Sobirin selaku takmir masjid dibantu beberapa warga melakukan patrol sahur untuk membagunkan warga. "Semoga kegiatan di masjid Ageng lebih aktif dan beragam, serta jamaah semakin banyak," ujarnya.

Kegiatan pembersihan masjid oleh tim KASIH dilakukan secara keseluruhan. Mulai dari halaman masjid, serambi masjid, kamar mandi, hingga di dalam ruangan masjid. Semuanya bertujuan agar jamaah masjid merasa nyaman ketika melakukan ibadah. Terlebih timbil kesadaran untuk menjaga kebersihan masjid.

Program KASIH akan terus berkesinambungan, mencari masjid-masjid yang butuh dibersihkan di berbagai kota. Bagi donatur yang ingin mendukung kegiatan KASIH bisa melalui nomer rekening Bank BCA (6030 755 811 an. Yayasan Daarul Qur'an Nusantara).


Photo lainnya dalam Berita ini ..