Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Jambore Santri Meriahkan Bumi Perkemahan Kopeng

12 July 2012   205

Ha, ha, ha… Stavi dan keenam kawan satu timnya dari Rumah Tahfidz Baitul Iman Semarang terguling sambil terbahak. Roda gila yang mereka mainkan gagal mencapai garis finish.

Roda gila, salah satu dari 12 game yang dimainkan dalam Jambore Santri Rumah Tahfidz se Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Kopeng, Kec Getasan, Kabupaten Semarang. Jambore yang digelar oleh PPPA Daarul Qur’an Semarang ini, diselenggarakan pada Sabtu-Ahad, 7-8 Juli 2012,

Sebanyak 311 santri dari 14 Rumah Tahfidz di Semarang dan sekitarnya, memeriahkan acara ini. Selain didampingi para Asaatidz Rumah Tahfidz dan PPPA Daqu Semarang, sebagian dari mereka juga dijenguk keluarganya.

Manager Area PPPA Daqu Semarang, Wahyu Efendi, mengatakan, Jambore Santri dimaksudkan sebagai ajang silaturahim dan konsolidasi Rumah Tahfidz se Jawa Tengah binaan Daarul Qur’an.

‘’Melalui jambore ini, kami mengajak para santri untuk menerapkan kehidupan pesantren dalam suasana perkemahan. Ini sekaligus untuk mengisi liburan mereka dengan kegiatan yang bermanfaat,’’ tutur Efendi.

Dalam perkemahan dua hari semalam itu, para santri menghidupkan keseharian Rumah Tahfidz dengan amalan seperti sholat berjamaah, sholat dhuha dan tahajjud, juga mendaras dan muraja’ah hafalan Qur’an.

Pentas seni pada malam Ahad dan basegame ahad pagi menjadi ajang unjuk prestasi dan kekompakan mereka. Basegame yang terdiri 12 permainan yang menggabungkan olahraga dan kreativitas ini mendapat arahan dari konsep outbond Batalyon Arteri Pertahanan Udara (Yon Arhanud) Jatingaleh Semarang.

‘’Kami sangat berterima kasih atas dukungan para donatur PPPA Daqu dan Yon Arhanud Jatingaleh Semarang dalam mensukseskan acara ini,’’ kata Manager Rumah Tahfidz PPPA Daqu Pusat, Nanang Ismuharjo, dalam sambutan saat membuka jambore.

Keluar sebagai juara umum Jambore Santri adalah Kafilah Santri Rumah Tahfidz Nurul Qur’an Demak, diikuti Kontingen Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Klipang Semarang sebagai runner up, dan sebagai juara ketiga adalah Kafilah Rumah Tahfidz Aulia Rahman Demak.

Adi Sinar PE dari Rumah Tahfidz Baitul Iman Ksatrian Arhanud Jatingaleh mengaku senang dan menikmati jambore. "Wah asyik, tiap tahun harus diadakan," ujar siswa kelas V SD Jatingaleh putra Serma TNI Usman Effendy.

Hal yang sama dikemukakan kontingen Rumah Tahfidz Hidayatul Shibyan. "Wis top tenan jamborene," kata para santri yang berpenampilan agak "metal" itu. (nurbowo)