Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Sedekah Air Sampai ke Pelosok Bondowoso

26 September 2017   254
Image

PPPA Daarul Qur’an Malang kembali mendsitribusikan air ke sejumlah daerah di Jawa Timur yang mengalami krisis air bersih, Senin (11/9). Kali ini tim Siaga Bencana (SIGAB) sampai ke pelosok Kabupaten Bondowoso. Desa Botolinggo menjadi target pendistribusian air.

Tim SIGAB pun prihatin saat melakukan survei lokasi di desa yang tengah mengalami kekeringan itu. Tanah-tanag tampak tandus, tak ada pepohonan dan tanaman yang hidup. “Banyak kesulitan yang ditemui tim saat menuju lokasi. Di samping kiri dan kanan hanya tebing-tebing tinggi dan sempit, belum lagi jalan yang berbatu dan berdebu,” ujar Kepala Cabang PPPA Daarul Qur’an, Ivan Mahendra.

Bersama Yazid pemuda Desa Botolinggo, tim SIGAB juga melihat langsung sumber air yang diberi nama “sumber tangga”, karena akses jalan berupa tangga-tangga yang terbuat dari batu. Sumber air ini merupakan satu-satunya andalan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Masak, minum, mandi, mencuci baju, semuanya dilakukan di sumber air yang hanya berupa rembesan kecil tersebut,” tutur Yazid.

Untuk mendapatkan air dari “sumber tangga” kata Yazid, warga harus bergantian mulai pukul 02.00 WIB dini hari. Akses jalan yang curam dan terlalu jauh membuat mereka hanya bisa membawa pulang satu ember kecil ke rumah masing-masing. “Warga biasanya jalan kaki dan hanya menggunakan senter. Kira-kira untuk sampai di sumber air ini mereka harus menempuh jarak 8 km,” ucapnya.

Hal senada juga dirasakan warga di Dusun Inggil. Hanya ada satu sumur kecil yang dimanfaatkan untuk kebutuhan air seluruh warga. Mereka harus berkendara sepeda motor sejauh 3 km untuk mengambil air. “Bapak-bapak yang bekerja di luar dusun, tak pernah lupa membawa jerigen saat berangkat kerja, sehingga saat kembali pulang ke rumah sudah membawa persediaan air bersih,” ujar Yazid.

Usai melakukan survei, tim SIGAB dari PPPA Daarul Qur'an Malang menyedikan 10.000 liter air bersih untuk desa-desa tersebut. Tempat pendistribusian air dilakukan di Masjid Nurus Syakur. Alhamdulillah, sekitar 120 KK di Dusun Inggil dan Cemper mendapatkan air bersih yang cukup. Sisa air pun digunakan untuk kebutuhan bersuci jemaah masjid. Mengingat, hajatan Khotmil Qur’an digelar setiap bulannya.

“Terima kasih kepada tim SIGAB dari PPPA Daarul Qur’an Malang dan para donatur yang telah membantu sedekah air bersih untuk Dusun Inggil dan Dusun Camper. Alhamdulillah, sangat bermanfaat untuk kebutuhan hidup warga,” kata Ketua RT Dusun Camper, Suwarno.

Ikhtiar sedekar air bersih PPPA Daarul Qur’an bersama jemaah telah dirasakan warga di Dusun Inggil dan Dusun Camper, Kabupaten Bondowoso. Semoga ke depan, lebih banyak bantuan sedekah air bersih untuk warga di pelosok nusantara yang tengah mengalami kekeringan. Aamiin.


Photo lainnya dalam Berita ini ..