
Quran Call
Deskripsi Program
- Meningkatnya jumlah masyarakat sibuk (pekerja) yang dapat menghafal Al-Qur’an melalui Program Qur’an Call.
- Setiap pengguna layanan dapat memperbaiki bacaan (tahsin) AlQur’an dengan baik dan tercatat setiap menggunakan layanan QC.
- Semakin banyak masyarakat terbantu untuk belajar membaca AlQur’an.
- Semakin banyak masyarakat secara sadar mengakses program Qur’an Call.
- Layanan Tahsin Al-Qur’an
- Layanan Tahfidz Al-Qur’an
- Edukasi DAQU Methode
- Sebelumnya, para pendaftar layanan QC harus dikonfirmasi mengenai jadwal layanan (hari dan jam). Tujuannya, tim Operator QC memahami jadwal layanan setiap hari (jumlah dan waktu) agar lebih terukur dalam pelaksanaan program.
- Ada Operator QC yang bertugas melayani jamaah yang bersifat incidental. Untuk setiap penerima layanan incidental harus dikonfirmasi langsung mengenai jadwal layanan mengenai hari dan jam setiap minggunya.
- Al-Qur’an Surat Al-Israa 69 yang berkaitan dengan perintah mendirikan shalat Tahajjud sebagai ibadah tambahan (nafilah).
- Al-Qur’an Surat Al- Baqarah 183 yang berkaitan dengan perintah puasa khususnya puasa Ramadhan.
- Al-Qur’an Surat Al-An’am 160 yang berkaitan dengan balasan Allah kepada yang berbuat kebaikan dan berkaitan dengan ayat sedekah
- Al-Qur’an surat Al Qomar 17 tentang kemudahan menghafal Al-Qur’an
- Memiliki Hafalan Al-Qur’an 15 juz dan berkomitmen menambah hafalan 1 juz/bulan.
- Memahami metode Tahfidz dan Tahsin Al-Qur’an
- Menguasai materi DAQU Metode dengan baik
Qur’an Call adalah program layanan menghafal Al-Qur’an menggunakan fasilitas telefon baik voice call maupun video call.
Tujuan Program
Tujuan program layanan Qur’an Call untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang sibuk tetapi tetap bisa belajar dan menghafal Al-Qur’an melalui telefon.
Sasaran Program
Sasaran program Qur’an Call adalah masyarakat umum.
Indikator Keberhasilan Program
Pencapaian indikator keberhasilan program antara lain:
Petunjuk Pelaksanaan
- Aktivitas Program
Qur’an Call beraktivitas sebagai program layanan kepada masyarakat via telefon dengan Pembimbing Tahfidz (operator) yang menguasai metode tahfidz (sima’i) dan memahami tahsin Al-Qur’an. Qur’an Call beraktivitas 7 hari (24 jam – disesuaikan*) untuk melayani setoran hafalan Al-Qur’an dan membimbing tahsin AlQur’an. Progres dan jadwal setoran setiap pengguna layanan tercatat dengan baik.
- Konten Program
Program Qur’an Call memiliki konten-konten sebagai berikut:
Petunjuk Teknis
- Setting Program
Program QC dapat dilaksanakan pada 2 situasi, yakni:
1. Operator menghubungi peserta layanan
2. Operator dihubungi peserta layanan
- Durasi Setiap Pelayanan Qur’an Call
Durasi setiap peserta Program Layanan Qur’an Call adalah disesuaikan muatan tahfidz peserta, untuk muatan Daqu Value paling lama 3 menit. Qur’an Call bukan program layanan konseling, setiap konseling langsung diinfokan ke Bagian Asaatidz.
- Proporsi Konten Program
1. Tahfidzul Qur’an (70%)
2. Tahsin Al-Qur’an (20%)
3. DAQU Metode / DAQU Value (10%) Materi Qur’an Call juga meliputi DAQU Value yaitu ayat-ayat yang berkaitan dengan DAQU Method yaitu sholat tahajjud, sholat 15 dhuha, shaum sunnah, menghafal Al-Qur’an dan bersedekah, yakni:
- Ketentuan Operator Qur’an Call
Operator QC harus memiliki kompetensi sebagai berikut:
